Laman

Kamis, 28 Juni 2012

5 Pilar Kepemimpinan

5 Pilar Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah suatu kemampuan untuk mengorganisir, mengarahkan maupun menggerakkan sesuatu yang dipimpinnya menuju target yang telah ditentukan. Setiap manusia harus mempunyai mental dan kemampuan yang berkualitas dalam hal kepemimpinan. Setiap manusia harus mampu memimpin dirinya sendiri. Setiap manusia yang dipilih untuk memimpin kelompok tertentu harus mampu memimpin kelompok yang dipimpinnya agar mampu menggapai tujuan kelompoknya. Dapatkan selalu berbagai motivasi untuk memicu semangat anda mencari pengetahuan dalam rangka meningkatkan kemampuan memimpin. Fahami lima kunci utama atau 5 Pilar Kepemimpinan untuk menjadi seorang pemimpin sejati.

Memimpin manusia memang bukan hal yang gampang, jangankan memimpin orang banyak, memimpin diri sendiripun belum tentu setiap orang mampu. Terkadang memiliki berbagai jenis keinginan dalam waktu bersamaan. Dalam menjatuhkan pilihan dari berbagai keinginan tersebut, disitulah jiwa kepemimpinan dibutuhkan. Tidak jarang manusia mengutamakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak sesuai dengan hati nuraninya, tetapi tetap ia kerjakan karena suatu kondisi keterpaksaan. Inilah salah satu bentuk ketidakmampuan memimpin diri sendiri. Apalagi jika memimpin orang banyak, akan timbul berbagai keinginan dan berbagai pendapat yang bertolak belakang.

Menjatuhkan pilihan kepada keinginan sekelompok orang, akan menentang kelompok lainnya. Setiap pilihan mengandung resiko yang harus ditanggung, dan seorang pemimpin sejati akan memiliki kemampuan menganalisa dan menemukan resiko terkecil untuk dipilihnya.

Dalam kisah sejarah perang dikenal seorang jenderal ahli strategi perang. Jendral ini bernama Sun Tzu. Beliau sangat piawai dalam memmimpin peperangan. Dalam pemikiran Sun Tzu, seorang pemimpin harus disokong 5 Pilar Kepemimpinan, yaitu kearifan, ketulusan, kebapakan, keberanian, dan ketegasan.

Kearifan diartikan sebagai kemampuan untuk mengenali berbagai perubahan kondisi dan bisa bertindak cepat dan tepat.
Ketulusan diartikan sebagai kemampuan untuk jujur atau bisa dipercaya sepenuhnya oleh siapapun yang dipimpinnya.
Kebapakan diartikan sebagai memiliki kemampuan human relationship atau berhubungan dengan orang lain yang biasa dikenal dengan lobbying.
Keberanian diartikan sebagai memiliki kepastian dan keteguhan dalam mengambil keputusan atau bertindak tanpa ada keragu-raguan.
Ketegasan diartikan sebagai kemampuan menegakkan kedisiplinan yang akan mendatangkan rasa hormat dari siapapun yang dipimpinnya.

Dengan penguasaan 5 Pilar Kepemimpinan diatas akan tercipta kerjasama yang harmonis diantara semua yang dipimpinnya, sehingga apapun tujuan yang ingin dicapainya akan lebih mudah untuk digapai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan mengisi komentar, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua pengunjung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...