Laman

Senin, 04 Juni 2012

Tips Agar Lebih Percaya Diri

Tips Agar Lebih Percaya Diri
Rasa percaya diri merupakan salah satu modal untuk meraih sukses dalam meniti karier. Tetapi masalahnya, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang memadai. Makanya jika anda termasuk orang yang tidak atau kurang "pede", jangan cuma pasrah. Tumbuhkan dan kembangkan rasa percaya diri anda. Dan jika anda sudah memiliki rasa percaya diri yang baik, peliharalah rasa "pede" tersebut. Caranya? 

Lakukan hal-hal berikut ini:

Pujilah diri sendiri
Jangan ragu untuk memberi selamat pada diri sendiri ketika anda berhasil meraih prestasi, walau sekecil apapun. Caranya yaitu dengan berbicara pada diri sendiri, "ya saya memang pantas mendapatkannya karena saya telah bekerja keras". Kalau perlu berikan hadiah pada diri anda sendiri, misalnya dengan membeli sepatu atau jam tangan yang telah lama anda inginkan. Memuji diri sendiri sepanjang tidak merugikan dan menggangu orang lain dapat berpengaruh positif pada anda. Karena tindakan ini dapat membantu anda lebih percaya diri dan optimis dalam mengerjakan apapun, terutama dalam melaksanakan tugas-tugas anda. Dengan demikian anda juga telah belajar menghargai diri sendiri.
Buatlah agar orang lain menghormati anda
Ingat, anda tidak bisa memaksa orang lain menghormati anda jika anda sendiri tidak menghormati diri sendiri dan orang lain. Cara bicara yang seenaknya dan gaya berpakaian anda yang tidak sopan adalah contoh bahwa anda tidak menghormati diri sendiri. Jika anda tidak bisa menghormati diri sendiri bagaimana orang lain mau menghormati anda? Menghormati orang lain tanpa memandang pangkat dan jabatan juga merupakan upaya agar orang lain menghormati anda. Jika anda merasa orang lain menghormati anda, anda akan lebih percaya diri dalam melakukan apapun. Patut anda catat, membuat orang lain agar menghormati anda bukan berarti anda "gila hormat".

Jangan takut gagal
Orang yang selalu takut gagal mustahil bisa mempunyai rasa "pede" yang lebih baik. Mereka yang takut gagal selalu dihantui rasa bersalah setiap ingin melakukan apapun. Hal ini jelas akan menghambat kemajuan karir anda. Jika anda pernah mengalami kegagalan masa lalu jangan jadikan kegagalan itu sebagai masalah "traumatis". Tapi sebaliknya jadikan pengalaman dan pelajaran berharga untuk meraih yang lebih baik. Dengan mengenyahkan rasa cemas dan takut "gagal" otomatis rasa percaya diri anda akan tumbuh.

Buatlah target sukses yang lebih luas
Membatasi target sukses hanya membuat anda terbelenggu pada ukuran sukses yang sesungguhnya amat relatif. Umumnya, jika anda sudah mencapai kesuksesan yang diinginkan, anda akan merasa puas dan membuat anda berhenti sampai disitu. Sehingga anda merasa tidak perlu berjuang lebih keras. Karena itu jangan batasi kualitas dan kuantitas kesuksesan anda. Sekali anda mencapai sukses yang telah anda targetkan, anda akan sulit untuk lebih maju dan berkembang. Dan ingat, setiap kali anda mengimpikan sukses, setiap kali itu pula anda akan merasa lebih pede dalam menggapainya.

Yakin bahwa anda bisa
Tanamkan keyakinan pada diri sendiri bahwa anda bisa melakukan dan menyelesaikan pekerjaan apapun, bahkan yang paling sulit sekalipun. Dengan demikian anda telah berpikir positif terhadap diri sendiri. Dan hal ini dapat memberi kekuatan dan menumbuhkan percaya diri pada anda setiap kali anda ingin melakukan sesuatu.

Jika anda telah memiliki rasa percaya diri yang baik berarti modal untuk meraih sukses telah berada dalam genggaman anda. Tetapi tentu rasa 'pede' saja tidak cukup untuk menggapai sukses. Untuk menggapainya perlu dibarengi usaha, kerja keras dan doa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan mengisi komentar, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua pengunjung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...