Laman

Jumat, 01 Juni 2012

Hidup Itu Harus Semangat

Pagi ini saat Anda terbangun, sadarkah Anda bahwa Anda sedang bernafas? Atau segala rutinitas Anda telah membuat Anda menjadi terlalu sibuk untuk menyadari bahwa sebenarnya diri Anda masih hidup.

Selama kita masih hidup, berarti kita telah siap menerima segala surprise kehidupan. Tidak ada jenis surprise yang baik atau buruk, semua itu tergantung kita, apakah kita bisa menerimanya atau tidak. Suka ataupun tidak, hidup itu harus dijalani. Bagaimana kita menjalaninya tergantung cara kita menghadapinya. Ada satu cara cerdas untuk mengawalinya. Semangat!!!

Banyak orang hidup dalam perasaan tertekan, khawatir, dan lesu. Keadaan ini hanya akan menghasilkan pikiran negatif dalam benak Anda, Anda hanya akan menjadi orang yang pesimis, tidak berdaya, lemah, dan stress. Jangan menambah tumpukan racun dalam diri sendiri.


Semangat disini merupakan adanya antusiasme dari dasar hati Anda untuk menjalani sesuatu. Semangat ini tidak mengharuskan Anda untuk melakukan aktifitas yang membuang energi percuma, akan tetapi lebih ditekankan kepada dorongan yang ada di dalam diri Anda.

Dalam buku Spirit Matters: Global Healing and the Wisdom of the Soul
By Michael Lerner.
'Lerner sees Spirit as the "energizing Force" behind the Big Bang and the ongoing evolutionary process .As Lerner sees it, the active thrust of Spirit is a cooperation-fostering "playful, joyful, loving energy that pulsates through All Being, immanent in all, and yet fully transcendent of any given state of being and any manifestation."'

Mengapa kita harus bersemangat?
Tahukah Anda dengan semangat akan membuat pikiran Anda lebih kreatif. Memang semangat tidak bisa membuat Anda lebih fokus pada masalah anda tapi saya yakin bahwa semangat bisa memicu Anda untuk fokus pada solusi. Setidaknya Anda akan terpicu untuk membuat berbagai pilihan solusi.

Anda tidak dapat menyangkal bahwa dengan semangat akan membangkitkan pikiran positif, optimisme, menambah kepercayaan diri, serta membentuk pribadi Anda untuk maju dan tegar dalam hidup.

Semua itu dimulai dari pikiran.
Kekuatan terbesar ada pada pikiran Anda. Memang benar jika Anda ingin bersemangat, maka Anda harus menanamkan itu dengan penuh keyakinan. Jika Anda ingin membuka cakrawala Anda, memperluas wawasan Anda, maka Anda harus mampu berpikir diluar dari kemampuan Anda.
"To think out of the box", jangan terlalu lama terkurung dalam benang pikiran Anda yang memang kusut adanya.
"Open your eyes widely open", dan selamat berpetualang dengan buah-buah baru dalam hidup Anda. Dan ingat untuk terus memegang kendali akan semangat diri Anda sendiri.

Oke, saya mau bersemangat, bagaimana saya memulainya?
Jika pertanyaan tersebut telah muncul dibenak Anda, maka bagaimana caranya akan menjadi teramat sangat mudah, ada banyak cara membangkitkan rasa semangat Anda.
  1. Lakukanlah hal - hal yang Anda senangi.  
    Manjakanlah diri Anda sesekali dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Misalnya bersantai, mendengarkan musik, atau kegiatan yang dapat menyegarkan jiwa Anda, serta kegiatan yang membuat Anda merasa dibutuhkan ataupun merasa dicintai.
  2. Berolah raga.
    Mensana in corpore sano. Memang benar kesehatan Anda ada ditangan Anda, memang benar pula jika sehat itu murah. Jangan sampai semangat Anda terbendung karena kemalasan ataupun kondisi badan Anda yang tidak fit dengan semangat Anda. Jadi kapan Anda ingin mulai berolah raga?
  3. Tersenyum.
    Kendurkanlah sedikit ketegangan Anda dimulai dengan satu senam wajah yang sederhana. Dan rasakan bagaimana indahnya diri Anda, indahnya lingkungan Anda, indahnya hari ini, indahnya hidup Anda, dan indahnya dunia ini. Mulailah dengan menyadari bahwa diri Anda berarti, Anda mempunyai kelebihan, Anda ini beruntung, nikmatilah, dan berbahagialah diatasnya.
Ada pepatah yang mengatakan jika Anda ingin merubah dunia, maka mulailah dengan merubah diri Anda. Iya semangat yang terpancar dalam diri Anda akan menular terhadap lingkungan sekitar Anda, tanpa Anda sadari.

Manusia memang merupakan mahluk yang sangat sensitif, begitu Anda meneteskan setitik semangat dalam hati Anda, maka seluruh tubuh dan pikiran Anda akan meresponnya. Cobalah dan gambarkanlah bagaimana rasanya.

2 komentar:

  1. makanya di seminar sering di ajak gerak, karena tubuh itu menetukan sikap kita. maka kalo orang yang tersenyum akan sulit untuk menangis. kalo orang tidur, akan sulit untuk marah.

    BalasHapus

Silahkan mengisi komentar, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua pengunjung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...